Skip to content

Behind the scene Pembuatan Bakpia Jogja

Waktu kemarin mampir di toko oleh – oleh, saya sekalian numpang ke toilet toko tersebut. Tidak sengaja melewati dapur mereka, ternyata proses pembuatan bakpianya dilakukan juga di situ. Sambil iseng – iseng ngobrol dan modus – modus dikit minta izin untuk foto, akhirnya dibolehin juga foto. Ternyata biasa aja kok pembuatannya, ngga ada resep rahasia puluhan tahun :D. Bakpia 522 ini berlokasi di bukit Pathuk, Gunungkidul dan sudah cukup lama memproduksi makanan – makanan khas jogja terutama bakpia untuk dijadikan oleh – oleh

Bakpia sudah menjadi kewajiban oleh – oleh khas dari jogja. Rasanya yang cukup bisa diterima oleh semua kalangan,  harganya juga yang cukup terjangkau, dan sangat mudah kita temui di berbagai sudut kota jogja menjadikan Bakpia sangat identik dengan Jogja. Padahal makanan ini aslinya berasal dari China, dengan nama asli Tou Luk Pia (according to wikipedia). Entah bagaimana ceritanya sampai sekarang berubah menjadi Bak Pia. Awalnya pun isi aslinya bukanlah kacang hijau, melainkan daging (babi). Namun untuk menyesuaikan dengan lidah masyarakat jogja, isi – bentuk – dan ukurannya mulai berubah, jadilah bakpia yang sekarang kita sering jumpai, kecil – kecil dan isinya kacang hijau. 

lebih dekat adonan kulit bakpia
lebih dekat adonan kulit bakpia
masi ini tugasnya membuat adonan kulit bakpia
masi ini tugasnya membuat adonan kulit bakpia
masih memasukkan isi bakpia
masih memasukkan isi bakpia
renyah banget ni ketawanya si bapak pembuat bakpia
renyah banget ni ketawanya si bapak pembuat bakpia
mesin pemanggang bakpia
mesin pemanggang bakpia
ibu pembuat bakpia
ibu pembuat bakpia
memasukkan isi bakpia
memasukkan isi bakpia
memasukkan bakpia yang sudah matang ke kotak
memasukkan bakpia yang sudah matang ke kotak

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *