Skip to content

Bukan Hanya Gaya, Tapi Komponen Pembeda Penentu Juara

Sebenarnya sudah lama pengen nulis tentang ini, tapi baru kepikiran lagi setelah sepatu futsal saya yang sudah hampir berumur 5 tahun sekarang kondisinya sudah nggak proper lagi, sobek di beberapa bagian. Saya sudah lama bermain futsal, tapi baru “ngeh” mengenai teknologi sepatu futsal di saat saya join komunitas Futsal Kaskus. Sebelumnya saya tidak mempedulikan pake sepatu olahraga apa saja, yang penting bukan sepatu boots atau pantofel. (pengaruh dulu belom punya alokasi budget buat ginian juga sih :D)
Salah satu komunitas futsal kaskus yang cukup unik adalah Football & Futsal Boots, dengan tagline mereka “Style First, Skill Later” (gaya dulu, skill belakangan, wkkwkw). Mereka adalah penggemar Football dan Futsal yang sangat mementingkan sepatu yang mereka gunakan. Satu orang bisa dobel – dobel sepatunya dan semuanya termasuk sepatu kelas premium. Awalnya saya pikir buat gegayaan doang, tapi setelah ngobrol banyak dengan mereka dan saya jadi penasaran googling, ternyata teknologi untuk membangun sepatu – sepatu tersebut sangat luar biasa (kelamaan make sepatu cuman Bata sama Eagle jadi gini nih, kuper). Sepatu – sepatu premium tersebut dibangun dengan research dan technology yang terus berkembang. Selain itu kebutuhan dan karakter masing – masing pengguna yang berbeda – beda juga menenetukan proses development sepatu tersebut.
Bukan hanya tentang tampilan, tapi setiap detail komponen mempunyai fungsi dan tujuan
Bukan hanya tentang tampilan, tapi setiap detail komponen mempunyai fungsi dan tujuan
Sebagai contoh untuk Adidas Football kini memiliki 3 series utama yaitu Ace, X dan Messi. Masing – masing series tersebut memiliki karakteristik yang berbeda – beda. Seri Ace yang mempunyai kelebihan untuk control, dengan material dan design yang sedemikian rupa dibangun untuk pemain yang mempunyai karakter lebih banyak men-drible bola, seri X berfokus pada kecepatan, dan seri Messi yang terinspirasi dari gerakan lincah peraih 5 gelar FIFA Ballon d’Or tersebut. Sedangkan Nike dengan 4 series andalannya; Mercurial, Magista, Tiempo, Hypervenom. Masing – masing juga dibangun dengan karakter dan kebutuhan yang berbeda – beda.
Jadi setiap detail seperti jenis bahan, texture, pola, jahitan dan banyak komponen lainnya memang sengaja dipikirkan sedemikian rupa untuk meningkatkan performa pengguna nya. Banyak yang berpikir, semuanya tergantung yang make, kalo yang make jago mah mau pake sepatu apa aja juga tetep jago. Hey, ini bukan Shaolin soccer bung, yang Stephan Chow tetep jago maen bola cuman dengan sepatu butut yang dijahit ceweknya. Di jaman kompetisi yang semakin ketat ini semakin banyak komponen yang harus diperhatikan untuk memperbesar peluang kemenangan. Di dalam satu klub olahraga misalnya, sepatu hanyalah 1 hal, masih banyak puluhan bahkan ratusan detail yang harus diperhatikan. Oleh karena itu tidaklah heran jika 1 klub olahraga sudah seperti layaknya satu perusahaan. Ada tim pelatih, tim kesehatan, tim nutrisi, tim psikologi dan tim – tim lainnya yang masih juga dibagi detail sesuai dengan spesifikasinya masing – masing. Belum jika memasukkan tim nonteknis seperti management, finansial, PR dan yang lainnya.
F1 disebut - sebut merupakan olahraga yang paling kompleks - source : grandprixexperience.com
F1 disebut – sebut merupakan olahraga yang paling kompleks – source : grandprixexperience.com
Bisa dibayangkan misal olahraga tinju, bagaimana memastikan petinju untuk dapat bertahan 3 menit dalam 1 ronde dan secepat mungkin mengalahkan lawan. Berapa banyak komponen yang diperhatikan untuk memastikan seorang petinju bisa tampil maksimal dalam pertandingan yang hanya sekitar 3 – 4 kali dijalani dalam setahun. Atau olahraga F1, bagaimana seorang pembalap bisa bertahan dan mengejar kemenangan selama sekitar 2 jam dengan gravitasi yang berlipat karena kecepatan tinggi. Selain secara teknis mesin mobil yang sudah diakui sangat (paling) kompleks diantara olahraga yang lain (lebih dari 80.000 komponen), juga memastikan pembalap dalam performa yang maksimal saat bertanding.
Poinnya adalah, semakin banyak komponen yang diperhatikan secara detail, semakin besar pula peluang untuk memenangkan sebuah pertandingan atau kompetisi. Apalagi saat ini olahraga sudah menjadi industri yang menuntut semua aspek dipikirkan secara detail dan maksimal untuk memastikan performa yang terbaik yang ditampilkan. Sama hal nya dengan kegiatan apapun, semakin banyak komponen yang diperhatikan secara detail, semakin besar pula peluang untuk kegiatan itu berhasil sesuai tujuan. Dalam suatu perusahaan atau bisnis misalnya (dengan catatan resources yang memadai) semakin banyak detail yang diperhatikan akan semakin besar pula peluang perusahaan tersebut berjalan dengan optimal.
Balik ke sepatu futsal, sebenarnya cuman buat fun doang saya futsal, bukan buat pertandingan ataupun kompetisi. Tapi mengetahui dan mempelajari hal detail (seperti) teknologi dalam sebuah sepatu itu ternyata sangat menarik.
[Pamer dikit] gear baru penerus nike elastico pro yang udah uzur : Nike Elastico Finale III TF (diskonan)
[Pamer dikit] gear baru penerus nike elastico pro yang udah uzur : Nike Elastico Finale III TF (diskonan)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *